Kamis, 30 Juni 2016

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

naG)(Palu. Pada dasarnya, upaya untuk menjaga agar tubuh senantiasa segar dan bugar serta jauh dari ancaraman penyakit adalah lebih mengacu pada faktor pola makan dan hidup sehat.

Berikut tips seputar menjaga tubuh agar senantiasa sehat dan kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari :

#Minum Air Putih

Air putih merupakan sebutan oleh masyarakat secara umum untuk air mineral atau air tawar, yaitu air matang atau air yang
sudah disterilkan (layak minum), dengan tanpa mengandung campuran apapun. Konsumsi air putih minimal 1.5 hingga 2ltr sehari atau kurang lebih 8 gelas dalam sehari dapat membantu kebugaran tubuh seseorang.


http://adf.ly/1bjZPC

menjaga kesehatan dengan cukup minum air putih
Terkait dengan kecukupan konsumsi air putih ini silahkan disesuaikan dengan aktivitas masing-masing. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah diusahakan minum air putih dengan duduk, lebih baik lagi jika baca 'Bismillah’ dan do'a.

#Olah Raga Teratur

Nasihat tentang olah raga teratur telah banyak disampaikan diberbagai tempat dan kesempatan. Namun, masih saja kebanyakan orang tidak menjalaninya karena kebanyakan orang memiliki 'mindset’ bahwa yang namanya olah raga itu butuh waktu khusus, tempat khusus, serta berbagai hal yang sulit untuk diterapkan.




menjaga kesehatan dengan jalan kaki
Padahal, olah raga teratur yang dimaksud bisa berupa jalan kaki. Olah raga jalan kaki dipercaya sebagai olah raga yang paling simple namun memiliki efek positif untuk kesehatan, salah satunya dapat merampingkan perut buncit dan efektif membantu mengatasi masalah obesitas.

#Menjaga Emosi

Kesehatan tubuh terelasikan dengan emosi yang sedang dialami oleh seseorang. Perasaan seseorang yang menunjukkan emosi bahagia atau sedih, marah, cemas, kecewa dan sebagainya direspon oleh organ tubuh lainnya.


http://adf.ly/1bjZPC

menjaga emosi agar tubuh sehat
Penjelasan yang paling memungkinkan tentang dampak dan pengaruh emosi terhadap kesehatan seseorang adalah tingkat stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya 'radikal bebas’ dalam tubuh, dimana jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu panjang akan menjadi sumber penyakit.

#Konsumsi makanan sehat

Makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh tentunya banyak ragam dan macamnya, intinya makanan tersebut harus kaya nutrisi, alami dan steril. Sedangkan syarat tambahan untuk makanan sehat adalah mengandung senyawa zat antioksidan.


Makanan yang mengandung antioksidan sebaiknya masuk dalam 'list’ menu yang harus dikonsumsi setiap hari. Hal ini tentunya untuk menjaga tubuh agar senantiasa segar bugar serta terhindar dari berbagai ancaman penyakit degeneratif.

#Istirahat teratur

Istirahat teratur tidak hanya tentang frekuensi dan jumlah seberapa lama kita istirahat, namun lebih terhadap bagaimana kualitas tidur yang sedang kita jalani. Istirahat total atau tidur berkualitas memiliki peranan penting terhadap kesehatan tubuh seseorang.




menjaga kesehatan tubuh dengan tidur berkualitas
Istirahat berkualitas atau tidur cukup dan teratur dalam sehari semalam disebut-sebut memiliki peranan terhadap kestabilan produksi berbagai hormon dalam tubuh, bahkan kurang tidur juga disebut sebagai salah satu faktor penyebab penyakit diabetes melitus tipe 2.
Lima tips cara menjaga kesehatan tubuh yang telah disebut diatas tentunya hanyalah sebagian kecil dari upaya untuk mendapatkan tubuh yang segar dan bugar agar senantiasa dapat tampil prima dan optimal.

Teruslah berusaha memperbaiki pola makan dan gaya hidup agar terhindar dari berbagai penyakit apalagi seperti pada saat ini dimana cuaca dapat berubah-ubah secara ekstrem.

Sumber : segar-bugar.tumblr.com

Baca Juga : 124 Artikel Kesehatan yang wajib Anda ketahui 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar